Peringati Hari Ibu, DPPPA Gelar Pemilihan Perempuan Inspiratif

oleh -46 Dilihat
Photo : istimewa

Barayanews.com | Tangerang – Perempuan memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan serta pembangunan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Asep Suherman pada pemilihan perempuan inspiratif Kabupaten Tangerang tahun 2023 yang dirangkaikan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95.

“Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam semua aspek kehidupan meski seringkali perspektif mereka masih sering diabaikan atau kurang terwakili. Maka dari itu, perlu upaya konkret untuk memberikan pemikiran yang memungkinkan perempuan untuk bersuara, berpartisipasi dan mempengaruhi perubahan di setiap sektor khususnya di masyarakat. Salah satunya dengan digelarnya kegiatan ini,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pemilihan perempuan inspiratif merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada perempuan di wilayah Kabupaten Tangerang. Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin meningkatkan peran dan menginspirasi perempuan di berbagai bidang, di antaranya pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi kreatif.

Sebelumnya, pemilihan perempuan inspiratif Kabupaten Tangerang diikuti oleh 60 peserta dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Tangerang. Para peserta diseleksi menjadi 20 orang. Kemudian mereka kembali bersaing untuk menjadi juara dari sejumlah kategori.

“Perempuan juga harus menjadi bagian yang terintegrasi dalam pembangunan bukan hanya sebatas menjadi objek. Tetapi juga harus menjadi subjek dalam setiap proses pembangunan. Diharapkan melalui kegiatan ini perempuan dapat menggali serta membangkitkan potensi yang optimal untuk kemajuan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang, Ny. Mirasari Andi Ony sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Menurutnya, kegiatan ini dapat mendorong perempuan di Kabupaten Tangerang untuk percaya diri serta memiliki daya saing yang tinggi.

“Program pemilihan perempuan inspiratif ini sangat luar biasa untuk memberikan motivasi, kemampuan dan keterampilan kepada kaum perempuan. Tentunya kami dari PKK sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Tangsel Sejiwa Festival 2023 Dibuka, Wali Kota Tangsel ajak masyarakat bergembira bersama

Ia berharap kegiatan ini mendorong serta membangkitkan semangat perempuan di Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan perempuan dan anak-anak.

“Pesan saya, bagi yang belum masuk kedalam nominasi dan mendapatkan juara, jangan patah semangat dan terus berkarya demi kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui DPPPA juga memberikan penghargaan kepada Ibu Hj. Heny Soedjono sebagai Perempuan Inspiratif Favorit Tahun 2023.