Pemkab Tangerang Gelar Tangerang Gemilang Produk IKM-UMKM

oleh -34 Dilihat
Gebyar Tangerang Gemilang

Barayanews.com | Bisnis – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Gebyar Tangerang Gemilang Produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony, Selasa (20/2/2024)

Dalam sambutannya, Pj Andi Ony sangat mengapresiasi antusiasme para pelaku usaha IKM dan UMKM yang terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas produk-produk unggulannya.

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh pelaku IKM dan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang atas partisipasinya dalam acara Gebyar Tangerang Gemilang pada hari ini,” ucap dia di Gerai Tangerang Gemilang.

Lanjut dia, antusiasme dan partisipasi para pelaku IKM dan UMKM tidak hanya sekadar promosi mengenalkan produk unggulannya, tapi juga membuktikan semangat kreativitas dan keuletan para pelaku IKM dan UMKM di Kabupaten Tangerang, menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas produk lokal dari IKM dan UMKM dapat memberikan pilihan yang beragam kepada masyarakat dan sekaligus mengurangi ketergantungan impor, sekaligus berkontribusi positif terhadap perekonomian daerah” ucapnya.

Ia juga meminta para pelaku IKM dan UMKM harus aktif berinovasi dan mengembangkan usahanya agar bisa naik kelas, go international, go digital, mampu bersaing di pasar global sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, pemerintah daerah terus mendukung upaya peningkatan kualitas, baik SDM dan produk yang dihasilkan maupun perbaikan dan pembenahan regulasi khususnya terkait dengan kemudahan akses pembiayaan bagi para pelaku UMKM.

“Melalui Gebyar Produk IKM dan UMKM ini, diharapkan seluruh pelaku usaha dan masyarakat Kabupaten Tangerang dapat terus berinovasi, berkolaborasi, dan berkompetisi secara sehat demi mencapai kemajuan usaha dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang,” serunya.

Baca Juga :  Wali Kota Tangsel; ASN Wajib Berikan BPJS Ketenagakerjaan untuk ART

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta dan pengunjung Gebyar Produk IKM dan UMKM tersebut bisa memanfaatkan momentum kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Ini merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan membuka peluang kerjasama dan kolaborasi antar sesama IKM dan UMKM, bahkan dengan pengusaha menengah dan besar untuk kemajuan bersama. Mari manfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan Gelar Pangan Murah dengan penyaluran beras SPHP sebanyak 2.000 kg yang bertujuan menekan pengendalian inflasi. Diharapkan dengan gelar pangan tersebut stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran dapat tetap terus terjaga.

“Masyarakat dapat secara langsung mendapatkan barang kebutuhannya dengan harga terjangkau. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh warga Kabupaten Tangerang,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Tangerang, Resmiyati Marningsih mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha IKM dan UMKM Kabupaten Tangerang untuk dapat terus mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengoptimalkan Gerai Tangerang Gemilang.

“Dalam pelaksanaan Gebyar Gerai Tangerang Gemilang Tahun 2024 ini terdapat beberapa acara seperti pameran Produk IKM/UMKM oleh 67 Pelaku Usaha, Bazaar Pangan Murah oleh Bulog dan Ritel Modern, Talkshow Succes Story, Public Speaking dan Enterprenership serta Fasilitasi Legalitas Usaha, Kemasan Produk dan Permodalan,” jelasnya.(rill/jay)