Naik Motor Pantau Perayaan Pergantian Tahun, Pj Gubernur Al Muktabar : Semuanya Kondusif

oleh -30 Dilihat
Pergantian tahun baru, Pj.Gubernur Banten Al.Muktabar Photo : istimewa

Barayanews.com,- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melakukan pemantauan kondisi perayaan pergantian tahun 2023 di Kota Serang, Minggu (31/12/2023) malam.

Pemantauan dilakukan bersama Kapolda Banten Irjen. Pol. Abdul Karim disertai jajaran pejabat utama dan madya, Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf Fierman Sjafirial Agustus disertai jajaran, Pj Sekda Banten Virgojanti, Pj Walikota Serang Yedi Rahmat, beberapa kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten serta perwakilan dari unsur ulama.

Pemantauan dimulai dari Mapolda Banten seusai rombongan melakukan sholat magrib berjamaah. Dengan menggunakan kendaraan bermotor, rombongan menuju ke arah Bogeg, lalu sampai terminal Pakupatan.

Masuk ke jalan nasional, rombongan terus melaju ke arah Ciceri dan terus lurus sampai ke Alun-alun, Kota Serang. Di alun-alun, Pj Gubernur Al Muktabar mengecek posko Nataru dan berbincang dengan beberapa personil yang bertugas serta memberikan bantuan.

Setelah itu rombongan kemudian menuju Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur Banten dan melakukan Rakornas secara virtual bersama seluruh Polda yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pengamanan perayaan pergantian tahun dari 2023 ke 2024.

Pj Gubernur Al Muktabar mengungkapkan, sampai saat ini kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Provinsi Banten aman terkendali, baik pada saat perayaan Natal maupun pergantian tahun ini.

“Hal itu tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergitas yang terus kita bangun bersama baik di jajaran Forkopimda, alim ulama, tokoh masyarakat serta seluruh stakeholder,” kata Al Muktabar.

Pada kesempatan itu Al Muktabar juga mengucapkan selamat memasuki tahun baru 2024 bagi masyarakat Banten. “Semoga di tahun 2024 ini semuanya bisa semakin baik,” ucapnya.

Selain itu, Al Muktabar juga mengaku pihaknya masih terus bersiaga karena arus balik dari Sumatera yang melalui Pelabuhan Merak diprediksi akan terjadi pada hari Senin (1/1/2024). Sesuai prediksi, ada sekitar 20.000 pemudik yang akan melintas di Pelabuhan Merak.

Baca Juga :  Gelar Pengobatan Gratis, Caleg Zainal Muttaqien Geber Kampanye ‘Kahiji’

Angka itu, lanjut Al Muktabar, lebih tinggi dari arus balik pada musim libur lebaran kemarin yang hanya ada di kisaran 14.000-15.000. Namun demikian, berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk kondisi infrastruktur jalan yang sudah cukup memadai dan baik.

“Tadi saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda, Danrem serta Danlanal untuk memastikan arus balik nanti berjalan baik, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Kita bersiaga sampai pada hari Selasa (2/1/2024),” ujarnya.(rill/jy)