Hari Koperasi Nasional Ke-77, Diskum Gelar Diskusi Bersama Gerakan Koperasi

oleh -46 Dilihat

Barayanews.com- Dalam rangka menyambut Hari Koperasi Nasional ke-77, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang menggelar diskusi Ngobrol Santai Bareng Gerakan Koperasi (Ngobras) di Hotel Lemo, Kabupaten Tangerang, Selasa (25/06/2024). Diskusi ini dihadiri 50 pengurus koperasi dari 33 koperasi di Kabupaten Tangerang.

Kepala Diskum Kabupaten Tangerang, Anna Ratna Maemunah dalam sambutannya menyampaikan, acara Ngobras ini membuka ruang diskusi terkait ide dan gagasan untuk kemajuan koperasi di Kabupaten Tangerang. Ia menegaskan pentingnya peran koperasi dalam pembangunan ekonomi bangsa.

“Sebagai badan usaha yang berlandaskan prinsip gotong royong dan kekeluargaan, koperasi bukan hanya berfungsi sebagai alat ekonomi tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan di tengah masyarakat,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, selain membuka ruang diskusi, acara Ngobras digelar untuk memperkuat gerakan koperasi di Indonesia. Kegiatan ini juga bisa menjadi momentum penting untuk saling berdiskusi dan memperkuat sinergi antara gerakan koperasi dan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Koperasi memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah, khususnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang siap menerima masukan dan saran dari seluruh peserta koperasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi Pada Diskum Kabupaten Tangerang, Yeni Yuliawati menyampaikan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga melakukan Sosialisasi Pengembangan Sistem Informasi dan Laporan Koperasi (PA-EKO). Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pelaporan serta pengelolaan koperasi di Kabupaten Tangerang.

“Program PA-EKO dirancang untuk memberikan kemudahan bagi koperasi dalam melakukan pelaporan keuangan dan kegiatan operasional secara digital. Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan koperasi dapat lebih mudah dan cepat dalam menyusun laporan, memantau keuangan, serta mengelola kegiatan operasional mereka,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Banten Resmikan Rumah Sakit Hewan

Ia berharap, gerakan koperasi di Kabupaten Tangerang terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan ekonomi daerah.

Acara Ngobras ini juga diharapkan dapat menjadi wadah rutin untuk saling bertukar informasi dan memperkuat jaringan antar koperasi di Kabupaten Tangerang.

“Diharapkan melalui kegiatan ini gerakan koperasi dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian di Kabupaten Tangerang bahkan nasional. Semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi dan memperkuat jaringan antar koperasi di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (Rill-jay)