Buka Takmir Ramadhan Masjid Babussalam, Sekda: Mari Tingkatkan Kepekaan Sosial Kita

oleh -61 Dilihat

Barayanews.com,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengajak kaum muslim agar menjadikan Ramadhan sebagai semangat untuk mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan Takmir Ramadan ini, kita terus mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Jalani puasa Ramadan ini dengan kegiatan menambah ilmu agar memupuk keimanan kita kepada Allah SWT,” ungkap Sekda saat membuka Takmir Ramadan 1445 Hijriyah di Masjid Babussalam Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (14/3/24).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cikupa. Dalam sambutanya, Sekda mengatakan di bulan suci Ramadan ini, hendaknya semangat mengamalkan Al-Qur’an yang di dalamnya terdapat hal-hal kebaikan perlu terus digalakkan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Menurut dia, Ramadan 1445 Hijriyah kali ini, memberikan dan mengajarkan kepada kita aspek-aspek sosial, ekonomi dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semua umat Islam yang melakukan puasa sebagai salah satu rukun Islam menuju hari kemenangan.

“Puasa mengajarkan kita untuk mematuhi perintah Allah SWT, disiplin, mengontrol emosi, melatih kesabaran, menahan hawa nafsu, menumbuhkan rasa empati dan menjaga dari perilaku buruk. Mari kita tingkatkan kepekaan sosial disekitar kita,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Cikupa H. Yayan menjelaskan Takmir Ramadan di Kecamatan Cikupa sudah berjalan mulai dari tahun 2004, yang diselenggarakan bergilir, di setiap masjid ya g ada di Cikupa tiap tahunnya. Menurutnya tahun ini dilaksanakan di Masjid Babussalam Bitung karena memiliki nilai sejarah dan merupakan masjid tertua di wilayah Cikupa.

“Takmir Ramadhan kali ini dilakukan di Masjid Babussalam Bitung jaya. Masjid yang memiliki sejarah panjang syiar Islam di wilayah Kecamatan Cikupa,” tutur Yayan.

Dia berserta seluruh jamaah takmir Ramadan mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan dukungan Sekda terhadap pembangunan yang dilaksanakan, khususnya pembangunan keagamaan di Kecamatan Cikupa.

Baca Juga :  Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Dalam Bahasa Arab Dengan Artinya

“Saya mendoakan bapak Sekda agar dimudahkan dalam bertugas dan terus disehatkan dalam memimpin Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Takmir Ramadan ini dihadiri juga oleh Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang KH. Nur Alam, Camat Cikupa Supriyadi beserta unsur Muspika Kecamatan Cikupa, para tokoh agama dan ulama di Kecamatan Cikupa.(rill/red)