Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Dalam Bahasa Arab Dengan Artinya

oleh -54 Dilihat

Doa Qunut adalah salah satu doa yang dilakukan oleh umat Muslim dalam shalat. Doa ini dibaca pada saat melaksanakan shalat subuh setelah rukuk kedua sebelum sujud.

Berikut adalah teks bacaan doa qunut lengkap dalam bahasa Arab dengan artinya:

اَللّٰهُمَّ إِنّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَّفْجُرُكَ. اَللّٰهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّى وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ وَنَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ.

“Ya Allah, sesungguhnya kami meminta pertolongan kepada-Mu, kami memohon ampunan-Mu, kami yakin akan keimanan kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu, kami panjatkan sanjungan kepada-Mu, kami bersyukur kepada-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami meninggalkan dan memilih untuk tidak bergaul dengan orang yang durhaka kepada-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami bersujud, kepada-Mu pula kami berlomba-lomba, kami berharap rahmat-Mu dan kami takut kepada siksa-Mu. Sesungguhnya siksaan-Mu akan dijatuhkan kepada orang-orang kafir.”

Arti doa qunut:

Doa qunut dimulai dengan meminta pertolongan kepada Allah, sebagaimana yang Allah perintahkan agar kita berlindung kepada-Nya dalam setiap hal. Doa ini juga mencakup permohonan ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah dilakukan oleh hamba-Nya. Selanjutnya, doa ini menyatakan keyakinan dan keimanan yang kuat kepada Allah, dan menunjukkan ketergantungan dan kepercayaan kepada-Nya.

Doa qunut juga berisi ungkapan syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Dalam doa ini, seorang Muslim berkomitmen untuk tidak meninggalkan atau mengkhianati Allah. Ia memilih untuk menjauh dari orang-orang yang durhaka kepada Allah.

Dalam lanjutan doa qunut, seorang Muslim menegaskan bahwa hanya kepada Allah-lah ia menyembah, hanya kepada-Nya-lah ia bersujud, dan kepada-Nya-lah ia berharap. Namun, ia juga menyadari bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang, tetapi juga Maha Menyiksa bagi orang-orang yang kafir (yang menentang Allah dalam kekafiran mereka).

Baca Juga :  Jelang Arus Lebaran 2024, Al Muktabar : Pemprov Banten Siapkan Infrastruktur

Doa qunut adalah doa yang tidak hanya membantu kita untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah, tetapi juga mengajarkan kita untuk tetap setia kepada-Nya dan menjauhkan diri dari yang dilarang oleh-Nya. Doa ini mengingatkan kita untuk selalu berada di jalan yang lurus dan mendekatkan diri kepada Allah secara keseluruhan.